KEARIFAN DALAM PEMECAHAN SUATU MASALAH


Cerita dr Negeri China...

Suatu pagi pada saat menambang, seorg pemuda menemukan sebuah lampu.

Dia mencoba menggosok lampu tsb. Siapa tahu akan ada jin yg keluar utk membantunya.
Ternyata....... Benar...
Muncullah jin itu.

Jin : "Hai Pemuda.... Engkau tlh memanggilku yg sdh tdr rtsan thn. Aku adalah Jin Kesehatan. Aku akn membrkan kesehatan bg seluruh keluargamu.
Tapi, Aku hanya akn memberikan 4 hari (
四天 baca: Si Tian) kesehatan..
Jadi, tetapkanlah pilihan harimu...".

Pemuda tsb pun berpikir.

Stlh menetapkan hari, dia pun berbicara kpd jin tsb.

Pemuda : "Baiklah... Aku sdh menetapkan ke 4 hari itu.
Aku ingin
¤
春天 (Chun Tian),
¤
夏天 (Xia Tian),
¤
秋天 (Qiu Tian),
¤
冬天 (Dong Tian)"
--> Artinya "Musim Semi, Musim Panas, Musim Gugur, Musim Salju"

Jin : "Wah....Itu trlalu byk. Aku tdk bisa....Kalau bgt, aku kurangi menjadi 3 hari"

Pemuda : "Aku ingin keluargaku sehat pada waktu ¤
昨天 (Zuo Tian),
¤
今天 (Jin Tian),
¤
明天 (Ming Tian) "
--> Artinya "Kemarin, Hari ini, Besok"

Jin : "Itu juga tdk bisa. Msh trlalu byk. Kalau bgt 2 hari saja".

Pemuda : "Baiklah.... Aku hanya ingin pd waktu..
¤
白天 (Bai Tian),
¤
晚上 (Wan Shang)"
--> Artinya "Pagi hari, Malam hari".

Jin : "Kedua hari itu juga msh trlalu byk. Skrg aku tetapkan menjadi 1 hari & inilah yg terakhir"

Pemuda : "Kalau begitu, aku tentu ingin keluargaku sehat di ........
¤
每天 (Mei Tian) "
--> Artinya "Setiap Hari"

Jin tsb pun smkn terkejut.

Pd akhirnya, jin pun mengabulkan permintaan dr pemuda tsb.

Akhirnya, sekeluarga pun sehat selalu setiap hari.

Dari cerita di atas, dpt ditangkap bhw kdg dlm kehidupan sehari², diperlukan kearifan utk memecahkan masalah & juga semangat pantang menyerah dlm menghadapi ujian.

Meski dlm keadaan yg tdk mungkin, kalau kita semua bisa berpikir scr logis, maka tdk ada yg tdk mungkin dlm kehidupan.

Sumber
Status Facebook Teman  

0 comments: