Kuis Kehidupan


Cerita Cerita Inspiratif Dan Motivasi
Di suatu sekolah menengah atas, seorang guru memberikan sebuah kuis yang lain dari biasanya kepada para muridnya. Sang guru membawa 2 kertas yang masing-masing berisi 5 pertanyaan. Lalu, ia membaca 5 pertanyaan di kertas pertama untuk dijawab oleh para murid. Pertanyaannya adalah:



  1. Sebutkan 5 orang terkaya di dunia
  2. Sebutkan 5 pemenang Academy Awards untuk kategori aktor terbaik dalam 5 tahun terakhir
  3. Siapa saja 5 pemenang Miss Universe yang kamu ketahui
  4. Sebutkan 5 orang yang pernah memenangi nobel perdamaian
  5. Sebutkan 5 orang yang menghasilkan penemuan di bidang fisika
Ternyata para murid mengalami kesulitan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Lalu sang guru berkata, “anak-anak, kita banyak yang tidak bisa mengingat siapa saja figur-figur yang pernah menjadi pembicaraan orang banyak. Mereka adalah orang yang memiliki prestasi luar biasa. Mereka terbaik di bidangnya masing-masing. Tetapi setelah tepuk tangan berhenti, prestasi mereka memudar, piala dan sertifikat mereka mulai usang dan terkubur bersama pemiliknya maka mereka akan mulai dilupakan.”
Lalu, sang guru kembali membaca 5 pertanyaan. Kali ini dari kertas kedua. Pertanyaannya adalah:
  1. Sebutkan 5 guru yang sudah membantumu dalam perjalananmu sebagai seorang pelajar
  2. Sebutkan 5 temanmu yang menghibur dan mendukungmu di saat-saat sulitmu
  3. Sebutkan 5 tokoh yang sudah menginspirasikan hidupmu
  4. Sebutkan 5 orang yang membuatmu merasa spesial saat kamu bersama mereka
  5. Sebutkan 5 orang temanmu yang kamu senangi untuk menghabiskan waktu bersama-sama
Ketika menjawab pertanyaan ini, para murid dapat menuliskan semuanya tanpa kesulitan apapun. Sang guru tersenyum lalu berkata, “kamu baru saja belajar hal yang penting untuk hidupmu, bahwa orang-orang yang sangat berarti bagimu dan akan selalu kamu ingat bukanlah orang yang memiliki penghargaan terbanyak, uang terbanyak, maupun prestasi terbanyak. Mereka adalah orang-orang yang peduli padamu, memiliki pengaruh dan membuat perbedaan dalam hidupmu, dan berada di sampingmu di saat orang lain meninggalkanmu.”
 "Banyak orang ingin duduk bersamamu di limousine, tetapi yang kamu inginkan adalah orang yang mau naik bus bersamamu ketika limousinemu rusak" - Oprah Winfrey

0 comments: